Sejarah LPSE Kabupaten Berau


Sejarah LPSE Kabupaten Berau

Pada tahun 2008, Bagian Pembangunan, memprakarsai dan mengusulkan proses pengadaan barang/jasa secara elektronik untuk Pemerintah Kabupaten Berau yang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang pengadaan barang/jasa. Saat itu Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, baru saja berdiri dimana salah satu fungsinya adalah mengembangkan sistem pengadaan secara elektronik (SPSE). Sejak saat itu Bagian Pembangunan berkoordinasi kepada LKPP, dalam rangka pembentukan unit pengelola Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik (LPSE).

LPSE Kabupaten Berau secara resmi berdiri pada Tanggal 29 Oktober 2009. Grand launching saat itu dipimpin oleh wakil bupati Berau periode 2005 – 2010 Ir. H. Ahmad Rifai, MM. Pada awal berdirinya, LPSE Kab. Berau diketuai oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan. dengan personil inti sebanyak 6 orang terdiri dari dua orang Administrator, dua orang sebagai helpdesk dan verifikator, dan satu orang pengelola kegiatan. 2 Paket pengadaan dilaksanakan melalui LPSE di tahun 2009 yang menandakan bahwa mulai dilaksankaannya proses pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-Procurement) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau.

Sejak tahun 2009 hingga saat ini LPSE kabupaten Berau telah melaksankan tugas dan fungsi memfasilitasi seluruh pelaku pengadaan barang/jasa dalam proses bisnis e-Procurement. Banyak prestasi yang telah diraih LPSE kabupaten Berau mulai tingkat provinisi hingga tingkat nasional antara lain:

1.     Tahun 2010 pada Rapat Kerja Nasional LPSE di Balikpapan, LPSE Kabupaten Berau sebagai salah satu LPSE dengan nilai efisiensi lelang tertinggi.

2.   Tahun 2012 LPSE meraih penghargaan pada Rapat Kerja Nasional Teknis di Yogyakarta dan sekaligus menjadi narasumber (pemateri) bersama dengan LPSE Provinsi Jawa Timur dan LPSE Provinsi Bangka Belitung.

3.     Tahun 2012 juga, kembali LKPP menunjuk LPSE Kabupaten Berau sebagai narasumber (pemateri) pada rapat kerja Nasional (Rakernas) LPSE di Jakarta.

4.    Tahun 2013 LPSE Kabupaten Berau menjadi pemenang dan meraih penghargaan “National e-Procurement award” kategori Inovasi LPSE pada pagelaran Rapat Kerja Nasional di Jakarta.

5.     Tahun 2015 LPSE Kabupaten Berau ditetapkan lulus dan mendapatkan sertifikasi 4 Standar Nasional LPSE:2014 yang berdasarkan Peraturan Kepala LKPP Nomor 9 Tahun 2015.

6.     Tahun 2016 LPSE Kabupaten Berau kembali menjadi pemenang dengan meraih 2 (dua) “National e-Procurement Award” yaitu :   

1)    Kategori Komitmen 100% e-Procurement (pemenuhan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 yang dilanjutkan pada Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

2)      Kategori Komitmen Penerapan Standar LPSE:2014

Penyerahan penghargaan pada rangkaian Rapat Kerja LPSE Nasional di Balai Kartini, Jakarta dan diserahkan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D dan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Bapak Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D.