Breaking News

Mountain consectetur adipiscing elit In quis lacus a odio suscipit luctus
17 Mar 2016 14:27:18
shadow

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan berkoordinasi bersama LKPP melakukan pembahasan terkait rencana katalogisasi produk kapal ke dalam e-katalog LKPP. Hal ini terkait dengan rencana program pengadaan 3.650 kapal bantuan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk koperasi nelayan yang rencananya akan direalisasikan tahun ini.

Kepala LKPP Agus Prabowo mengharapkan penyiapan katalogisasi produk kapal ini dapat dilakukan dengan rapih sebelum membuka penawaran kepada penyedia. Oleh sebab itu, rincian spesifikasi kapal, menurutnya, perlu dibuat secara terukur, tidak multitafsir, dan jelas. Hal ini, nantinya akan menjadi alat ukur dalam mempertimbangkan katalog produk kapal.

 “Jadi kapalnya kapal jenis apa, ukurannya berapa, bahannya apa,  mesinnya seperti apa, sistem navigasinya, (atau) warnanya seperti apa kalau perlu,” tegas Agus.

Agus juga menyinggung pentingnya  penetapan harga perkiraan sendiri (HPS). Penentuan HPS ini harus mempertimbangkan standar harga yang wajar dan tetap rasional. “Sebaiknya harga ini tidak terlalu pelit, tapi juga jangan sampai terlalu tinggi, tapi cukup memberi ruang kepada penyedia untuk tertarik ikut lelang,” ujarnya.

Masih menurut Agus, hal yang tidak kalah penting adalah desain kontrak bagi para pihak yang terlibat. Bentuk perikatan kontrak ini dapat berupa penetapan waktu pengiriman, metode pembayaran, maupun mekanisme penyelesaian sengketa, setelah itu LKPP akan segera mengundang para penyedia.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Rancang Bangun dan Permesinan Kapal Perikanan KKP, Agus Wahyu Santoso, mengatakan bahwa KPP bersama PT BKI, PT PAL, dan BBPT  sebelumnya telah memetakan permintaan tipe kapal dan menyiapkan uraian spesifikasi dari 23  jenis kapal.

“Akhirnya, kita, PT PAL, sama tim BKI yang terkait dengan teknis rancang bangun kita bikinkan urainnya, mulai dari bentuk kapalnya, ukuran utama, samapi tipe kapal,” kata Santoso.

Dalam mendesain kapal-kapal ini,  KKP bersama dengan tim pun telah mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi laut dari masing-masing daerah. Saat ini KKP telah menyiapkan 5 tipe ukuran kapal, yaitu 3 GT (gross tonnage), 5 GT, 10 GT, 20 GT, dan 30 GT. Adapun besaran anggaran yang disiapkan KKP untuk pengadaan kapal ini mencapai Rp4 triliun.

Di sisi lain, pemenuhan kebutuhan mesin kapal, lanjut Santoso, nantinya juga akan dilakukan dengan mekanisme e-purchasing melalui e-katalog LKPP. Hal ini terkait dengan kebutuhan suplai mesin untuk masing-masing ukuran dan jenis kapal. Hal ini, menurutnya, guna memastikan penyedia kapal melakukan penempatan mesin yang sesuai dengan jenis dan ukuran kapal.

“Jadi nanti dari pabrikan mesin yang sudah masuk di e-katalog , nanti tinggal kita sesuaikan mana yang sesuai dengan komposisi ukuran 3 GT sampai 30 GT.


(Source: lkpp.go.id)

Kirim Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Captcha