Breaking News

Mountain consectetur adipiscing elit In quis lacus a odio suscipit luctus
03 Nov 2015 12:53:18
shadow

Padang – Kepala LKPP Agus Prabowo menyampaikan kuliah umum mengenai pengadaan barang/jasa yang ramah lingkungan dan mendukung keberlanjutan. Materi Kepala LKPP mendapat antusiasme tinggi dari kalangan akademisi Universitas Andalas.

“Pengadaan barang/jasa akan menjadi dunia yang sangat penting. Saking pentingnya, dia akan menjadi kunci untuk membangun daya saing bangsa, “ ungkap Agus, saat menyampaikan materi di Convention Hall Universitas Andalas, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, pengadaan telah berkembang dari rutinitas klerikal sederhana menjadi kegiatan yang sangat kompleks meliputi proses manajemen berorientasi peningkatan keuntungan atau value for money.

 Berkembangnya konsep rantai pasok atau supply chain dari Michael Porter menjadikan pengadaan sebagai kontributor dalam meningkatkan daya saing serta nilai tambah. Konsep ini mencakup kegiatan dari hulu pengadaan sampai dengan kegiatan di hilir. Pada akhirnya supply chain merespon pasokan barang atau jasa untuk  menghasilkan delivery, yang dikenal dengan teori 5 R. Right Quality, Right Quantity, Right Time, Right Place (Source), Right Cost.

Agus mengungkapkan jika suatu bangsa dapat mengatur rantai pasok dengan cantik, terbiasa bersaing dengan cepat, maka akan menghasilkan 3 keuntungan: belanja efisien, suasana bersaing antar komponen terbangun dan delivery nya bagus. Hasil dari ke 3 hal ini adalah daya saing nasional. “Hanya bangsa yang punya daya saing tinggi yang bisa survive.” Katanya.

Agus berharap melalui kuliah umum tersebut, para mahasiswa mampu mencermati, mengkritisi dan melibatkan diri dalam dunia pengadaan Indonesia setelah nanti mereka menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.

Diakui oleh sebagian besar mahasiswa, dunia pengadaan barang/jasa pemerintah adalah hal yang baru bagi mereka. Secara umum mereka hanya mengetahui dan mendapatkan pemberitaan dari media mengenai korupsi pengadaan barang/jasa pemerintah. Namun sedikit yang paham mengenai seluk beluk pengadaan barang/jasa pemerintah.

Kuliah umum ini terselenggara atas kerjasama Universitas Andalas dengan LKPP. (aje)

Kirim Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Captcha