Breaking News

Mountain consectetur adipiscing elit In quis lacus a odio suscipit luctus
25 Aug 2017 09:51:14
shadow

Makassar – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menyelenggarakan kegiatan “Diseminasi Pelaksanaan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa” di Makassar (10/8). Sebanyak 137 peserta dari 107 badan kepegawaian daerah/badan pengembangan sumber daya manusia kabupaten/kota mengikuti kegiatan yang bertemakan “Sumber Daya Manusia Pengadaan yang Kompeten didukung oleh Lembaga Pelaksana Pelatihan yang Profesional dan Inovatif” tersebut.

Kepala LKPP Agus Prabowo mengajak seluruh BKD/BPSDM kabupaten/kota untuk mulai melakukan perubahan dalam hal pelaksanaan pelatihan PBJ melalui penguatan mission driven (digerakkan oleh misi). Agus menyampaikan bahwa peluang dari penguatan mission driven dapat dimanfaatkan apabila ingin melakukan perubahan dan tidak selalu mengikuti rule driven (digerakkan oleh aturan). “Kalau kita sudah terbelenggu oleh rule driven, berinovasi pun bisa langka. Karena inovasi lahir dari terobosan,” pesannya.

Arahan tersebut muncul dari pentingnya pemanfaatan perkembangan teknologi berbasis daring dalam masyarakat, misalnya seperti jasa transportasi onlinee-governance dan sebagainya. Terkait peningkatan kualitas SDM dalam mengelola informasi, materi pelatihan yang dilaksanakan oleh badan pendidikan dan pelatihan harus mengajarkan para peserta didik yang berbasis teknologi informasi. “Sebab teknologi ini sangat tidak bisa digantikan. Oleh karena itu, Bapak/Ibu juga harus mulai berubah.” lanjutnya.

Deputi Pengembangan dan Pembinaan SDM LKPP Dharma Nursani menyampaikan materi pengembangan dan pembinaan SDM yang melibatkan berbagai pihak. Dalam materi tersebut disampaikan bahwa BKD/BPSDM Kabupaten/Kota memberikan empowerment proses belajar mengajar melalui pendidikan dan pelatihan sehingga masyarakat (Unit Layanan Pengadaan/Penyedia/Aparat) dapat memberikan feedback. Selain itu, juga dapat memberikan masukan untuk memperkuat regulasi PBJ. Sehingga, proses tersebut dapat meningkatkan capacity building SDM PBJ.

Para peserta dari BKD/BPSDM kabupaten/kota dibekali materi pelaksanaan pelatihan PBJ yang bertujuan meningkatkan kualitas pelaksanaan pelatihan. Materi yang didapat adalah pengenalan integrasi pelayanan pengembangan dan pembinaan SDM melalui portal, pembinaan jabatan fungsional melalui penyesuaian/inpassing, program pelatihan dan sertifikasi PBJ berbasis online, akreditasi LPP, dan materi lainnya.

Pada hasil kegiatan diseminasi pelaksanaan pelatihan PBJ, LKPP perlu bermitra dengan BKD/BPSDM kabupaten/kota terkait pengembangan dan pembinaan SDM melalui koordinasi dan komunikasi dalam pemanfaatan media seperti : laporan monitoring evaluasi, portal, whatsapp, rapat koordinasi, dan sebagainya. Diseminasi pelaksanaan pelatihan PBJ menjadi tanggung jawab bersama, baik peningkatan profesionalisme SDM (kompetensi, karier, insentif) secara umum dan peningkatan prosentase kelulusan pada khususnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penguatan sekaligus pemahaman terhadap peran LPP dalam menjalankan pembinaan SDM yang profesional dan inovatif. Selain itu, diharapkan juga dapat mendorong pelaksanaan pengembangan SDM PBJ melalui pendidikan pelatihan yang terprogram dan berkesinambungan. (aji)

Materi-materi kegiatan ‘Diseminasi Pelaksanaan Pelatihan PBJ’ dapat diunduh melalui link berikut : http://goo.gl/sp29AE


Sumber : LKPP _ http://www.lkpp.go.id/v3/#/read/4812

Kirim Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Captcha